mata air sumber sirah

Mata Air Sumber Sirah : Snorkling Kota Malang

Menapaki kota Malang serta sekitarnya, maksudnya sama dengan menapaki sejuta kejutan wisata. Salah satunya merupakan tempat ini, Mata Air Sumber Sirah.

Tempat ini merupakan keindahan alam sumber air alami dari dalam perut bumi yang diberi pembatas pada sisinya sehingga membentuk semacam kolam ataupun telaga.

Tempat ini jadi sumber utama pengairan irigasi untuk masyarakat dekat. Terletak di tempat ini, kita seakan terletak di telaga 7 bidadari. Permukaan mata air ini sangat jernih bagaikan kaca, sehingga kita bisa memandang kalau di bawah telaga ditumbuhi tumbuhan rumput air tawar sejenis hydrilla yang menawan.

Sedangkan di zona dekat telaga ditumbuhi pepohonan yang rindang khas hutan hujan tropis yang sangat rimbun serta rapat sampai pada sisi tertentu dikala kita berenang disitu, kita seakan berenang di pedalaman hutan Amazon.

Tumbuhan tebu serta kelapa kepunyaan masyarakat yang berkembang di dekat posisi, pula menaikkan atmosfer khas zona ini.

Tidak hanya rumput air tawar, nampak bawah telaga pula dihuni ikan- ikan kecil beserta bebatuan serta pasir lembut kehitaman. Mata Air berupa telaga ini mempunyai kedalaman cuma 0, 8- 1, 5 m.

Lokasi Mata Air Sumber Sirah Malang

Mata Air Sumber Sirah ini, tepatnya terletak di Jalur Sunan Gunung, Desa Sumberjaya, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur. Tetapi kerapkali lokasinya diucap terletak pada Desa Putukrejo, disebabkan akses ke tempat wisata ini cuma bisa dilalui melewati Desa ini.

Belum ada akses jalur lewat Desa Sumberjaya sendiri untuk kendaraan bermotor.

Terletak kurang lebih 21 km dari pusat kota Malang, dibutuhkan waktu kurang lebih 30- 40 menit bila Kamu memakai kendaraan bermotor.

Supaya dapat hingga langsung ke posisi memakai kendaraan Kamu, makan hendaknya Kamu memakai motor selaku perlengkapan transportasi. Bila memakai mobil, hingga Kamu bisa memarkir mobil Kamu di rumah masyarakat, dekat 200 m dari posisi wisata ini.

Sehabis memarkir mobil ataupun motor Kamu, hingga Kamu wajib melewati jalur setapak yang sudah ditempatkan paving block diatasnya. Agak curam serta licin paling utama pada masa penghujan, tetapi telah lumayan aman.

Belum terdapat akses kendaraan universal ke posisi wisata ini, sehingga turis dianjurkan buat memakai kendaraan individu, ataupun menyewa sepeda motor dari kota Malang.

Bila mengarah ke posisi ini, silahkan dicermati sebagian titik posisi yang menunjukkan kalau Kamu sudah terletak pada rute yang benar, seperti

Baprik Krebet Senggong Bululawang, pabrik dari PT Du Pont Pioneer, Pasar Gondanglegi, SMP Negara 3 Kepanjen.

Tidak terdapat peraturan formal buat jam buka/ tutup posisi ini, tetapi umumnya pada mulai jam 07. 00 Wib pagi– 17. 00 Wib sore ada petugas parkir. Selebihnya, Kamu dapat saja keluar masuk kawasan ini dengan leluasa, tetapi tanpa pengawasan parkir.

Kegiatan Wisata Di Mata Air Sumber Sirah Malang

Ada sebagian aktivitas yang bisa kita jalani di daerah wisata alam ini. Diantara nya pasti saja merupakan berenang, snorkeling serta difoto. Difoto dasar air di posisi ini merupakan yang sangat istimewa disebabkan panorama alam di dasar air sangat indah walaupun tanpa terumbu karang.

Semacam yang sudah dikemukakan lebih dahulu, mata air ini mempunyai kedalaman optimal 1, 5 m. Lumayan dangkal, tetapi wajib lumayan diwaspadai oleh mereka yang tidak mahir berenang. Dengan alibi kedangkalan ini pula wisatawan tidak dianjurkan buat melompat bila bernazar merambah zona telaga ini buat berenang.

Alasan lain Kamu tidak dianjurkan buat melompat ataupun malakukan gerakan sangat banyak serta ekstrim merupakan dikhawatirkan hendak membuat air jadi keruh sebab pasir di bawah telaga ikut tergunjang, tidak hanya kalau tumbuhan air disini agak rapuh serta rentan patah.

Di tempat ini kita pula bisa melaksanakan aktivitas tubing, ialah duduk ataupun rebah bersantai diatas suatu ban di atas telaga tanpa arus. Dengan memakai ban pula kita dapat melaksanakan aktivitas meluncur menjajaki arus air selama 100 m hingga pembatas berbentuk jembatan bambu, yang diucap dengan river tubing.

Arus air inilah yang pada kesimpulannya hendak mengairi sawah masyarakat di dekat sumber mata air ini. Seleksi ban yang sudah ditambahan tali penahan supaya bisa kita duduki buat aktivitas river tubing.