gunung arjuno

Misteri di Gunung Arjuno, Alunan Gamelan sampai Pasar Setan

Gunung Arjuno ialah salah satu gunung berapi kerucut di Jawa Timur. Secara administratif, letak Gunung Arjuno terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, serta Kabupaten Pasuruan.

Pengelolaan Gunung Arjuno di dasar kendali Halaman Hutan Raya Raden Soerjo. Sampai dikala ini Gunung Arjuno jadi salah satu tujuan wisata alam Jawa Timur setelah Semeru.

Panorama keelokan alamnya sering kali menarik hati para pendaki. Mereka bisa menikmati panorama alam Jawa Timur serta sekitarnya di atas ketinggian 3. 339 m dari permukaan laut( mdpl).

Walaupun memiliki panorama alam indah serta mempesona, nyatanya Gunung ini dipercaya mempunyai banyak teka- teki. Apalagi, masuk ke catatan gunung sangat angker di Jawa Timur.

Mengutip bermacam sumber, berikut merupakan teka- teki Gunung Arjuno yang sampai saat ini masih dipercaya untuk golongan pendaki ataupun warga dekat.

  1. Mitos Pasar Setan

Tidak cuma gunung- gunung di Jawa Tengah semacam Merapi, Gunung ini pula memiliki mitos pasar setan. Sampai saat ini mitos pasar setan di Gunung Arjuno masih dipercaya oleh warga ataupun para pendaki.

Mitos pasar setan dipercaya terdapat di wilayah sabana luas dalam jalan pendakian. Di tempat ini terdengar suara bak di pasar kerap terdengar. Umumnya suara- suara pasar itu lenyap dikala subuh ataupun menjelang pagi.

  1. Jumlah Pendaki Tidak Boleh Ganjil

Para pendaki Gunung tidak boleh ganjil. Ini telah tercantum ketentuan yang wajib diiringi bila mau mendaki Gunung Arjuno.

Konon, bila jumlah pendaki ganjil, terdapat makhluk gaib penghuni Gunung yang hendak menggenapkan jumlah regu pendakian.

  1. Suara Gamelan Ngunduh Mantu

Tidak hanya terdengar suara hiruk pikuk seperti pasar, di Gunung Arjuno pula sering kali terdengar suara gamelan misterius. Konon, suara gamelan tersebut dipercaya berasal dari gamelan ngunduh mantu yang ditabuh pada era Singosari serta Majapahit dulu.

Suara- suara gamelan misterius semacam ini pula kerap terdengar di sebagian gunung di Pulau Jawa. Misalnya di Gunung Lawu ataupun Gunung Merapi. Suara gamelan terdengar mengalun lembut serta penuh aura mistis.

  1. Banyak Petilasan

Dikala melaksanakan pendakian Gunung Arjuno, kalian hendak menciptakan banyak petilasan selama jalan pendakian. Petilasan semacam makam serta lain sebagainya dipercaya terdapat korelasinya dengan Kerajaan Singosari serta Majapahit.

Sebagian petilasan yang ditemui di Gunung semacam Petilasan Sepilar, Petilasan Eyang Semar, sampai Petilasan Eyang Antaboga.

  1. Terdapat Tempat Keramat

Gunung Arjuno diucap pula mempunyai banyak tempat keramat. Umumnya dijadikan tempat pemujaan ataupun ritual. Tempat- tempat semacam Candi Madrim sampai Oento Boego terdapat di selama lereng Gunung.

Kendati banyak teka- teki yang masih dipercaya serta tumbuh di warga, Gunung Arjuno senantiasa jadi tujuan wisata untuk para pendaki. Panorama alam yang indah hendak memanjakan tiap pendaki Gunung.

Pendaki lokal yang berkunjung ke Gunung Arjuno dikala weekday hendak dikenakan tiket masuk Rp11.000. Sebaliknya dikala weekend pendaki lokal hendak dikenakan bayaran Rp16.000.