Kawah ijen

Surga di Dalam Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menjadi bucket list banyak orang.

Tempat wisata alam ini menyajikan pemandangan yang sangat indah sehingga tak hanya menarik wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

Kawah Ijen adalah sebuah wisata alam berupa danau asam yang warnanya hijau kebiruan dengan diameter sekitar 700 meter dan luas mencapai 5.466 hektar.

Kawah Ijen memiliki kedalaman hingga 200 meter dan volume danau bisa mencapai 36 juta meter kubik.

Danau ini terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Ijen yang masih aktif hingga akhirnya membentuk lekukan besar dan menjadi sebuah danau.

Keunikan dari Wisata Kawah Ijen

Kawah Ijen

Meski pada dasarnya wisata ini adalah sebuah danau, tapi ada banyak keunikan yang dimiliki Kawah Ijen ini.

Mulai dari tampilannya yang tidak biasa karena di sekitarnya ini akan ada kabut yang menyelimuti kawah tersebut dikarenakan suhunya berada di kisaran 2 derajat Celcius.

Kawah Ijen menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Timur karena ternyata Kawah Ijen termasuk dalam danau air asam terbesar yang ada di dunia.

Inilah yang menyebabkannya punya pengunjung hingga puluhan bahkan ratusan ribu orang per tahunnya.

Tingkat keasaman dari Kawah Ijen bahkan bisa mendekati titik nol sehingga bisa melarutkan segala macam benda yang masuk ke dalamnya dengan cepat.

Oleh karena itu, ketika Moms ke sana harus tetap mematuhi jarak aman yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Di kawasan wisata Kawah Ijen, tak hanya pemandangan indah dari danau saja yang bisa kita nikmati, tapi Moms juga bisa melihat beberapa tanaman yang hanya tumbuh di dataran tinggi.

Mulai dari bunga edelweis hingga bunga cemara gunung.

Selain itu juga ada hamparan pohon manisrejo yang terhampar di jalanan menuju ke Kawah Ijen.

Satu hal lagi yang menjadi daya tarik utama dari Kawah Ijen, yakni blue fire-nya yang tak boleh terlewatkan oleh Moms untuk dilihat.

Api biru ini muncul secara alami dari tengah-tengah danau dan biasanya hanya bisa dilihat pada dini hari menjelang pagi hari, yaitu kurang dari pukul 05.00.

Uniknya fenomena blue fire ini hanya ada dua di dunia, yakni di negara Islandia dan satu lagi ada di Kawah Ijen, Indonesia.

Informasi Mengenai Wisata Kawah Ijen

Sebelum berwisata ke Kawah Ijen, ada baiknya Moms mengetahui beberapa informasi yang ada di bawah ini terlebih dahulu:

1. Lokasi dan Jam Buka Wisata Kawah Ijen

Kawah Ijen

Berhubung ukurannya sangat luas, wisata Kawah Ijen ini masuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Meski demikian, kebanyakan orang akan masuk melalui Kabupaten Banyuwangi sehingga tempat wisata ini lebih dikenal sebagai tempat wisata khas Banyuwangi.

2. Rute Wisata Kawah Ijen

Rute wisata Kawah Ijen ini sebenarnya terbagi menjadi dua, yakni rute pada menuju lokasi wisata dan rute menuju bagian puncak Kawah Ijen.

Untuk rute menuju lokasi wisata Kawah Ijen, Moms sebenarnya bisa naik berangkat dari titik lokasi Stasiun Banyuwangi Kota.

Dari sana tinggal menuju ke awah Kecamatan Licin dan Desa Banyusari.

Nantinya dari Desa Banyusari tinggal melanjutkan perjalanan menuju ke rute Paltuding.

Kalau berangkat dari arah Surabaya, maka Moms bisa mengambil jalan tol menuju Probolinggo yang melewati Bangil dan Pasuruan.

Setelah keluar tol, masuk ke Kraksaan, lalu Besuki hingga tiba di Bondowoso.

Dari Bondowoso, tinggal menuju ke arah rute Paltuding.

Sedangkan untuk jalur pendakian menuju ke puncak Kawah Ijen, Moms bisa memulainya dari Paltuding sebagai pos pertama pendakian. Dari sini Moms tinggal mengikuti jalur pendakian saja.

Pendakian menuju Kawah Ijen membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2-4 jam.

Biasanya orang-orang akan mulai mendaki lewat dari jam 12 malam.

Berhubung wisata Kawah Ijen ini bersuhu udara dingin dan harus melalui jalur mendaki, maka Moms harus menggunakan pakaian tebal dan menyiapkan stamina yang kuat sebelum berangkat.

Jangan lupa juga untuk membawa masker karena aroma belerangnya sangat tajam.

3. Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

Tiket Masuk Kawah Ijen

Untuk tiket masuk wisata Kawah Ijen ini, Moms harus membayar tiket masuk seharga Rp5.000 saja pada saat hari biasa atau hari Senin-Jumat.

Sedangkan untuk hari Sabtu-Minggu, tarif masuknya adalah Rp7.500.

Harga tiket masuk tersebut adalah harga untuk wisatawan lokal atau orang Indonesia, tapi untuk turis asing atau mancanegara, maka harga tiketnya menjadi Rp100.000 untuk hari biasa dan Rp150.000 untuk hari Sabtu-Minggu.

Berhubung pemandangannya sangat bagus, tak jarang ada orang yang memilih untuk menjadikannya sebagai background foto prewedding atau keperluan lainnya.

Jika ingin melakukan pengambilan gambar komersil, biaya yang dikenakan bisa mencapai Rp10.000.000.


More Reading